Selasa, Mei 14, 2024

Sejarah Dolok Hole (8): Tapus di Angkola, Tapos di Tanah Jawa, Tapus di Kalimantan; Dimana Nama Tempat Tapus Bermula?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Saipar Dolok Hole di blog ini Klik Disini 

Tidak sedang membicarakan nama tempat Tapos di Depok, Jawa Barat dan juga bukan nama tempat Tapus di Sumatera Selatan dan di Kalimantan Selatan. Banyak nama tempat di Tapanuli Selatan dengan nama Tapus. Ada di kecamatan Aek Bilah dan ada juga di kecamatan Sipirok. Bagaimana nama Tapus terdapat di berbagai tempat?                                                                            


Aek Bilah adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan. Ibu kota kecamatan ini berada di desa Biru. Kecamatan Aek Bilah berbatasan dengan tiga kecamatan dan kabupaten, yakni Garoga di Tapanuli Utara, Na IX-X di Labuhanbatu Utara dan Dolok di Padang Lawas Utara. Kecamatan Aek Bilah terbagi menjadi desa-desa berikut: Aek Latong, Aek Urat, Biru, Gorahut, Huta Baru, Lobu Tayas, Sihulambu, Silangkitang, Sigolang, Tapus Godang, Tapus Sipagabu, Tolang. Dalam Sensus Penduduk Indonesia 2020, jumlah penduduk kecamatan ini sebanyak 7.395 jiwa. Penduduk kabupaten Tapanuli Selatan, pada umumnya merupakan suku Batak Angkola (Wikipedia).

Lantas bagaimana sejarah Tapus di Tanah Batak, Tapos di Tanah Jawa, Tapus di Kalimantan? Seperti disebut di atas banyak nama tempat Tapus di Tapanuli Selatan. Dimana nama tempat Tapus bermula? Lalu bagaimana sejarah Tapus di Tanah Batak, Tapos di Tanah Jawa, Tapus di Kalimantan? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja.

Tapus di Tanah Batak, Tapos di Tanah Jawa, Tapus di Kalimantan; Dimana Nama Tempat Tapus Bermula

Dalam soal toponimi, merelasikan satu nama tempat dengan nama tempat di lain tempat tidaklah mudah. Dalam merelasikan dua atau lebih nama tempat yang mirip yang berada di tempat berjauham diperlukan pemahaman kontekstual dengan sumber-sumber pengetahuan yang banyak dari berbagai disiplin ilmu. Hal itu juga yang berlaku dengan nama Tapus di Angkola dan nama Tapos di Jawa (barat). Seperti kita lihat nanti nama Tapus ditemukan di berbagai tempat di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.


Di kecamatan Aek Bilah ada nama Tapus (godang). Tidak jauh di sebelah barat di kecamatan Saipar Dolok Hole ada nama tempat Aek/Batang Garut (dekat Tolang). Di Jawa juga ditemukan nama tempat Batang (Jawa Tengah/utara) dan nama tempat Garut (Jawa Barat/selatan). Dalam bahasa Batak, batang adalah bagian utama pohon; sementara garut adalah semacam tanaman tahuan berumbi yang mengandung potensi karbohidrat. Catatan: Tapus adalah sejenis pohon yang kuat dan berkualitas; demikian juga hole adalah sejenis pohon yang kuat dan berkualitas. Di tempat lain pohon tapos juga disebut pohon kelampai. Bagaimana dengan nama Mandalasena? Apakah juga merujuk pada nama pohon hasona yang di wilayah Jawa disebut pohon angsana. Demikian juga nama Arse merujuk pada tanaman arse?

Nama Tapus di wilayah Angkola adalah nama yang unik (khas), nama ini juga sebenarnya ditemukan di tempat lain. Nama unik lainnya di wilayah Angkola/Tanah Batak antara lain Hole, Arse, Tolang, Huristak, Sosa, Hajoran dan Sunggam.


Tolang juga adalah nama pohon, Nama tempat Tolang juga ditemukan di hulu sungai Batang Hari dan nama tempat Tolang juga ditemukan di (pulau) Madura. Hajoran adalah nama tempat di daerah aliran sungai Batang Pane dan juga nama tempat di Labuhan Batu. Perlu ditambahkan disini nama Hajoran juga ditemukan di wilayah Jawa (dekat candi Brobudur). Bagaimana dengan nama Huristak, Sosa, Sunggam dan lainnya?

Tunggu deskripsi lengkapnya

Dimana Nama Tempat Tapus Bermula? Tapus di Siprok dan Tapus di Aek Bilah

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar: