Jumat, April 22, 2011

Universitas Graha Nusantara (UGN) Padang Sidempuan: ‘Rumah Pendidikan’ Bagi Anak Negeri di Tapanuli Bagian Selatan



UGN: Menuju Status PTN

Universitas Graha Nusantara (UGN) Padang Sidempuan tengah bersiap-siap untuk beralih status dari perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Keinginan untuk mengubah status UGN ini dari swasta menjadi negeri didukung sepenuhnya oleh lima  daerah kabupaten/kota yang ada di Tapanuli Bagian Selatan.

Dasar pemikiran perubahan status tersebut didasarkan atas tingginya jumlah siswa di wilayah Tapanuli Bagian Selatan yang menamatkan studinya dan tingginya jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan ke PTN di luar daerah. Diharapkan dengan dinegerikannya UGN maka Universitas Anak Negeri ini akan mendampingi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang sudah ada Padang Sidempuan.

Saat ini UGN telah memiliki lima fakultas yang menaungi 13 program studi. Semua  program studi telah terakreditasi dengan nilai C, kecuali satu program studi lagi yakni Pendidikan Bahasa Inggris yang masih dalam tahap pengusulan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). UGN sendiri telah beroperasi tahun 1987 setelah terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI No. 0571/1/0/1987 tertanggal 22 September 1987 melalui Kopertis Wilayah I (Aceh-SUMUT).

Kini di usianya yang ke-27 tahun, UGN memiliki 8.000 mahasiswa yang kampusnya berada di tiga lokasi: Kampus I di Tor Simarsayang, Kampus II di Jalan Dr Soetomo, dan Kampus III di eks Asrama Haji Tapanuli Selatan di Palopat Pijor Koling. Pada tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 1.024 sarjana baru telah diwisuda  dari  empat fakultas, yakni Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Sosial Politik, dan Pertanian.

UGN tidak saja berhasil meluluskan sarjana, juga dalam memenuhi fungsinya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, UGN juga melakukan Seminar Nasional dengan tema Ekonomi Syariah, Pendidikan dan Agrobisnis yang diselenggarakan pada tanggal 15 Naret, 2010. Para pembicara adalah Gus Irawan Dirut Bank Sumut, Prof. Dr. Mara Bangun Harahap dari Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Sofyan S Harahap dari Universitas Trisakti Jakarta, dan Rektor UGN Prof. Dr. Erwin Mursal Harahap.

Sejarah Perjalanan UGN

Sejarah pendidikan tinggi di Tapanuli Bagian Selatan dimulai ketika Residen Tapanuli membentuk yayasan untuk mendirikan satu perguruan tinggi bernama Universitas Tapanuli (UNITA) pada tanggal 23 Februari 1961 dengan empat fakultas yang salah satu fakultasnya berlokasi di Padang Sidempuan yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Dalam perkembangannya, pemerintah bersama-sama dengan masyarakat berusaha menegerikan fakultas tersebut. Melalui kebijakan pemerintah lewat Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan DR. Syarif Thayeb maka FKIP menjadi IKIP Medan Cabang Padang Sidempuan dengan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 184 tahun 1965.  IKIP Medan Cabang Padang Sidempuan telah meluluskan ribuan Sarjana Muda, D1, D2 dan D3 dalam berbagai disiplin ilmu.

Dengan keluarnya PP No. 5 tahun 1980 tentang Organisasi Perguruan Tinggi Universitas dan Institut, yang tidak membenarkan adanya status cabang maka keberadaan IKIP Medan Cabang Padang Sidempuan menjadi gugur dan keberadaannya tidak menentu. Atas inisiatif Prof. Dr. A. P. Parlindungan, SH (Rektor USU) dan Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasution (Rektor IPB), bersama-sama dengan BP2 Tapanuli Selatan yang berada di Jakarta diberikanlah masukan-masukan bagi Pemerintahan Daerah Tingkat I Sumatera Utara agar tetap mempertahankan eksistensi Padang Sidempuan sebagai Kota Pendidikan.

Dari sejumlah alternatif yang diusulkan, pilihan untuk mendirikan universitas  yang lebih besar semakin menguat. Hal ini agar universitas yang akan didirikan juga dapat menampung IKIP  Medan cabang   Padang Sidempuan menjadi salah satu fakultasnya. Dengan inisiatif Bupati KDH Tingkat II Tapanuli Selatan Abdul Rasyid Nasution, SH diadakan musyawarah dengan seluruh unsur-unsur pimpinan masyarakat sekota Padang Sidempuan yang termasuk didalamnya lembaga eksekutif, legislatif dan fungsionaris IKIP Medan Cabang Padang Sidempuan. Berdasarkan hasil musyawarah tersebut juga terhimpun sejumlah dana sebagai modal awal untuk mendirikan sebuah yayasan yang diwujudkan pada tanggal 23 Februari 1985 dengan nama Yayasan Dharma Bakti Pendidikan Indonesia (YADPI).

Setelah yayasan terbentuk, maka upaya berikutnya yang dilakukan adalah mendirikan universitas dengan nama Universitas Graha Nusantara (UGN) pada tanggal 2 Mei 1985. Lokasi universitas yang ditetapkan adalah  Tor Simarsayang dengan membangunan kampus yang memadai yang direncanakan untuk empat fakultas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. Pengembangan selanjutnya diadakan kerjasama dengan USU yang ditandatangani pada tanggal 8 Oktober 1986 disaksikan oleh Kopertis Wilayah I (Aceh-SUMUT). Dengan dukungan Kopertis Wilayah I, UGN memperoleh status terdaftar dengan Surat Keputusan Mendikbud RI No. 0571/1/0/1987 tertanggal 22 September 1987.

Sekadar teringat, waktu itu di tahun 1987 saya mendapat pesan yang berasal dari Bapak Andi Hakim Nasution untuk datang ke rumahnya. Ketika itu saya sedang menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan (IMATAPSEL). Di rumahnya, Pak Andi Hakim Nasution menugaskan saya untuk meneruskan belasan kardus buku yang merupakan sumbangan dari berbagai pihak di Jabotabek untuk koleksi perpustakaan UGN di Padang Sidempuan. Dengan mengajak beberapa pengurus, buku-buku yang sudah dibungkus dalam paket tersegel kami bawa ke UGN di Tor Simarsayang.  

UGN Padang Sidempuan (Kampus Tor Simarsayang)

Selanjutnya, pada tanggal 4 November 1989 di Kampus IKIP Medan di Padang Sidempuan Jalan Dr. Soetomo, berlangsung pertemuan antara IKIP Medan dan Ketua Yayasan Dharma Bakti Pendidikan Indonesia yang disaksikan oleh perwakilan Kopertis Wilayah I (Aceh-SUMUT), IKIP Medan di Padang Sidempuan rencananya akan diserahkan kepada UGN termasuk perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Dengan demikian UGN memiliki lima fakultas yang kini telah mempunyai sebanyak 13 program studi.

1. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik (Fatek) berdiri pada tahun 1987 memiliki satu program studi, yakni: Teknik Sipil

2. Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi (Fekon) berdiri pada tahun 1985 memiliki dua program studi, yaitu:

  1. Manajemen
  2. Ekonomi Pembangunan

3. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian (Faperta) didirikan pada tahun 2000 memiliki dua program studi, yaitu:

  1. Produksi Ternak
  2. Agroteknologi

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) didirikan pada tahun 1987 memiliki dua program studi, yaitu:

  1. Ilmu Pemerintahan
  2. Ilmu Adminstrasi Negara

5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) didirikan pada tahun 1974--dan kemudian diintegrasikan dengan UGN--memiliki enam  program studi, yaitu:

  1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
  4. Pendidikan Sejarah
  5. Pendidikan Matematika
  6. Pendidikan Fisika
UGN Padang Sidempuan (Kampus Sutomo)

Pendiri

Pendiri Yayasan Dharma Bakti Pendidikan Indonesia (YADPI) adalah sebagai berikut:

1. H. Abdul Rasyid Nasution
2. Dr. H. Badjora M. Siregar
3. H. Bachtiar Rangkuti
4. Kasymir Dalimunthe
5. Drs. Aminullah Pakpahan
6. Ir. H. Soripada Harahap
7. M. Fuad Siregar
8. Andinar Lubis
9. Ir. Abdul Rahim Siregar
10. Drs. Hasan Basri Lubis
11. Abdul Kadir Nasution, BA
12. Drs. Rosman Hasibuan
13. Dra. Hj. Basyriah Siregar, M.Pd
14. Robiyah Dalimunthe
15. Drs. Aziz Fachri Harahap
16. Bachtiar Rangkuti
17. Dr. H. Bachtiar Panjaitan
18. M. Jufrie S. BA
19. H. Sulaiman Lubis
20. Sulkarnain Harahap
21. Rustam Efendi Lubis
22. Dr. H. Abdul Gani Siregar
23. Drs. Anwar Saleh Daulay
24. Drh. Abdul Jalil Ginting
25. Ir. Zainuddin Siregar
26. Ir. Rizal
27. Nilwan Nasution, BA
28. Ir. Hasanuddin Siregar
29. Ir. Leonardi Pane
30. Mangaraja Laut Harahap
31. Drs. Bangun Harahap
32. Drs. C. Simanungkalit

Rektor

Prof. Dr. Ir. Erwin Masrul Harahap (2009-2013)

Daftar Dosen:

Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik

  1. Abadi Siregar, MT.
  2. Leonardy Pane, MM.
  3. Ongku Parmonangan Hasibuan, MM.
  4. Zulham Effendi Ritonga, ST.
  5. Perdana Siregar, Ir.
  6. Wiwiek Efrida, ST.
  7. Gabean Tomy Sinambela, ST.
  8. Suryanti Suraja, ST.
  9. Sahrul Harahap, ST.
  10. Zulfahmi Ali Bomen, S.Kom
  11. Arfan Harapan Siregar, Ir.
  12. Pangadilan Hasibuan, ST.
  13. Rizal, Ir.
  14. Armansyah, Ir.
  15. Erwin Syah Lubis, ST.
  16. Roy Efendi Subarja, ST.
  17. Kaharuddin, ST.
  18. Ahmad Rafii, ST.
  19. Armansyah Siregar, ST.
  20. Indra Gunawan, ST.
  21. Noni Paisah, ST.

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

  1. Amiruddin Lubis, MM.
  2. Syahrul Mulia Harahap, MSi
  3. Riri Yesfri Ivan, MM.
  4. Sardiman Nasution, MM.
  5. Azhar Harahap, SE.
  6. Langga Sarideliana Harahap, SE.
  7. Diana Sari, SE.
  8. Muhammad Rizal Siregar, SE.
  9. Ade Khadijatul Z Harahap, SPd
  10. Rosman Khoiruddin Lubis, SE.
  11. Nashrudin Setiawan, SE.
  12. Nazlinawati Nasution, SPd
  13. Erna Minta, SE.
  14. Silviana Batubara, SE.
  15. Sulhana Lely Lubis, Dra.
  16. Sudianto Sihotang, SE.
  17. Rahmat, Drs.
  18. Agusta Linda Nora, SE.
  19. Nirmalahaty Harahap, SE.
  20. Lilis Saryani, SE.
  21. Affan Siregar, Drs.

Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi

  1. Ahmad Sayuti Pulungan, MM.
  2. Aswadi Lubis, MSi
  3. Abdul Rahman Suleman Siregar, MM.
  4. Nurhamidah Pulungan, SE.
  5. Muhammad Yasid, SE
  6. Rinaldy, SE.
  7. Rahmina Agustina, SE.
  8. Mahrani Rangkuti, SE.
  9. Tengku Dalliksyah, SE.

Prodi Produksi Ternak, Fakultas Pertanian

  1. Abdul Kholid Sitompul, MSi
  2. Iswar Pangaloan Harahap, MBM.
  3. Parimpunan Siregar, Ir.
  4. Malawaty, Ir.
  5. Abdul Aziz Lubis, Ir.
  6. Soripada Harahap, Ir.
  7. Yanti Maharani Rambe, SPt
  8. Ikhwan Maksum Harahap, Ir.
  9. Abu Bakari, Ir.
  10. Basiran Dana Bangga, SPt
  11. A Rajab Lubis, Ir.
  12. Asri Darmansyah, SP.
  13. Untung Suwandi, Drh.
  14. Nelli Suryanti, Drh.
  15. Binni Amin Harahap, SPt
  16. Jamilah Siregar, Ir.
  17. Hairullah Ritonga, Ir.

Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian

Data tidak tersedia

Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

  1. Ali Akbar Siagian, MM.
  2. Agus Supriadi Harahap, MSi
  3. Eko Juniansyah Harahap, SH.
  4. Marbiani Harahap, Dra.
  5. Nursiah Hasibuan, Dra.
  6. Aspada Hasibuan, SSos
  7. Rusdia Dalimunthe, SSos
  8. Ade Tama Isnander, SPd
  9. Tenri Khairuddin, SSos
  10. Isrok Al Jana, SPsi
  11. Syahren S, SSos
  12. Emirza Henderlan Harahap, SH.
  13. Akhmad Efendi, SSos
  14. Zulkarnain Pohan, SSos
  15. Parida Pakpahan, SSos
  16. Irfan Bakhri, SSos
  17. Hafnar Jani Siregar, SH.
  18. Darwin Dalimunthe, SSos
  19. Ian Aminullah Jaspan Pohan, SH.
  20. Kualo, SSos
  21. Masrina Ritonga, SSos
  22. Asra Dewi, SSos
  23. Yusniar Harahap, SH.

Prodi Ilmu Adminstrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

  1. Junaidi, MS.
  2. Hadi Ashari Nasution, MM.
  3. Rahuddin Harahap, MH.
  4. Sarmadan Hasibuan, MM.
  5. Mintana Elly Harahap, Dra.
  6. Muallim Hasibuan, SSos
  7. Alfian, SSos
  8. Mis Elia Siregar, SSos
  9. Paruhuman Harahap, SSos
  10. Syamsul Bahri Siregar, Drs.
  11. Mangapul Situmorang, SSos
  12. Irwan Sakti, SSos
  13. Muhammad Rakhman Pohan, SSos
  14. Erni Hayati Lubis, SSos
  15. Ayaddin, SSos
  16. Yusril Harputra, Drs.
  17. Anwar Benni, Drs.
  18. Derhamin, SSos
  19. Nurbaya Harianja, SSos
  20. Fakhruddin Siregar, SSos
  21. Rahmat Nasution, SSos
  22. Rosmawati, SSos
  23. Marahalam Naposo, SSos
  24. Amsal Kori Siregar, SSos
  25. Pardomuan Lubis, SSos

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Nursyaidah, MPd
  2. Sojuangon Rambe, MPd
  3. Rahmadani Nasution, SPd
  4. Rama Tama Siregar, SPd
  5. Alwis Magumri Pohan, SPd
  6. Khadijah Khairani Nasution, SPd
  7. Mukhlison, Drs.
  8. Fita Delia Gultom, SS.
  9. Ester Taruliasi Siburian, SPd
  10. Aswan, Drs.
  11. Oloan Nasution, Drs.
  12. Agus Zulpan Harahap, SS.
  13. Ahmad Saipuddin Harahap, SPd
  14. Sriyalti Tanjung, Dra.
  15. Nur Asyiyah, SPd
  16. Mahmuddin Tambunan, SPd
  17. Ispah Hanum Harahap, SPd
  18. Bahrum Harahap, Drs.
  19. Yuni Nurhayati, SS.
  20. Inda Suryana, Drs.
  21. Gilbert Simanjuntak, SPd
  22. Ahmad Husein Harahap, SS.
  23. Abdul Salam, SP.
  24. Hafni Maini Dalimunthe, SPd
  25. Munawir Rasyid, SPd
  26. Nasaruddin Lubis, Drs.
  27. Linni Pasaribu, SPd
  28. Ali Anda Lubis, SPd
  29. Fauziah Nasution, SPd
  30. Eddy Bahari Hasibuan, SE.
  31. Annawaty Simanungkalit, SPd
  32. Khotmaidani, SPd
  33. Marni Zuliana, SPd
  34. Nuamir Harahap, Drs.
  35. Nurhalimah Pasaribu, SPd

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Fitriadi Lubis, MPd
  2. Nelpisar Nasution, MHum
  3. Fajar Siddik, SPd
  4. Tagor Mulia Rangkuti, SPd
  5. Edral Sakti Hasibuan, SS.
  6. Efrilda Malik Hasibuan, SPd
  7. Indri Afrida Nasution, SS.
  8. Yuswin Harputra, Drs.
  9. Tinur Rahmawati Harahap, SPd
  10. Ajudan Ritonga, Drs.
  11. Julia Maya Sari, SPd
  12. Hasanuddin Pulungan, Drs.
  13. Ponimin, SPd
  14. Parlindungan Siregar, Drs.
  15. Erni Rawati Sibuea, SS.

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Ahmad Nizar Rangkuti, MPd
  2. Pamusuk Harahap, MH.
  3. Irsan Harahap, SH.
  4. Darajat Syaw Harahap, Drs.
  5. Dewi Sartika, SPd
  6. Dinamayasari Siregar, SE.
  7. Lensiun Lumbanbatu, Drs.
  8. Idham Khalid Harahap, SPd
  9. Enni Novita Batubara, SPd
  10. Ahmad Ikhsan, Drs.
  11. Wilson Nababan, Drs.
  12. Aryani Hasugian, S.Pd
  13. Basyri Jambak, Drs.
  14. Fahri Zaman Lubis, SH.
  15. Ali Imran Harahap, Drs.
  16. Juni Minta Ito Ritonga, SPd
  17. Soritua Harahap, Drs.
  18. Baktiar Harahap, SPd

Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Kusor, MSi
  2. Burhanuddin, MPd
  3. Iswardin, MPd
  4. Muhammad Nazim Batubara, MPd
  5. Nggelem Ginting, MM.
  6. Aslamiah Batubara, SPd
  7. Marahakim Daulay, SPd
  8. Abdul Rahman Suhudi Nasution, SPd
  9. Itawati Sitopan, SPd
  10. Irfan Zunaidi, SPd
  11. Muhammad Akhyar, SPd
  12. Nurhadijah Harahap, SPd
  13. Jamalluddin Lubis, SPd
  14. Ahwin, SPd
  15. Latik Situmorang, Drs.
  16. Nurhabibah Maya Sari Ganti, SPd
  17. Juta Lubis, SPd
  18. Marlina, SPd
Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Suparni, MPd
  2. Ali Asrun Lubis, MPd
  3. Muhammad Akhyar Me Nasution, SPd
  4. Parimpunan Nasution, Drs.
  5. Anjar Asmara, SPd
  6. Mohammad Arifin Lubis, Drs.
  7. Nofriyanti Harahap, SPd
  8. Khoirul Umam Nasution, SPd
  9. Alhusna Nasution, Dra.
  10. Derliana Batubara, Dra.
  11. Andi Saputra Mandopa, SPd
  12. Ade Maya Mei Shanty, SPd
  13. Alimuddin Lubis, Drs.
  14. Thamrin Nasution, Drs.
  15. Erwina Azizah Hasibuan, SPd

Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1. Kadri Nowsky, MPd
  2. Mohammad Halomoan Lubis, MPd
  3. Yetty Dalimunthe, SPd
  4. Henry Dinus Hutabarat, Drs.
  5. Jannes Sihombing, Ir.
  6. P S Tunjung Prianto, Drs.
  7. Tamba Tua, Drs.
  8. Titi Diana Harahap, SPd
  9. Revei Sinaga, Drs.
  10. Bidasari Hasibuan, SPd
  11. Mery Kristina Pakpahan, SPd
  12. Patmawati Harahap, SSi
  13. Khoirunnisah Nasution, SPd
  14. Kasmawati, Dra.
  15. Ris Salman, SSi
  16. Nur Hasyanah Harahap, SPd
Sumber: (*Akhir Matua Harahap)
  • http://ugnpsp.com
  • http://kampusbagus.com
  • Waspada-online
  • http://aismaeel

Tidak ada komentar: