28/10/11

Irjen Pol Saud Usman Nasution Menjadi Kadiv Humas Polri: Congratulation


Irjen Pol Saud Usman Nasution resmi dilantik menjadi Kepala Divisi Humas Polri hari ini Jumat 28 Oktober 2011 di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta,. Upacaya serah terima jabatan (sertijab) itu dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Pol Timur Pradopo. Saud Usman Nasution sebelumnya adalah sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Polri dan mantan Kepala Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri. 

Saud Usman Nasution adalah alumni SMA Negeri 2 Padang Sidempuan yang lulus tahun 1977 dan diterima di Akabri-Pol tahun 1977*. Saud Usman telah menambah daftar panjang dari marga Nasution untuk urusan pertahanan dan keamanan di negeri ini. Saat ini, selain Usman Nasution masih ada Mayjen TNI Azmyn Yusri Nasution (AY Nasution), anak mantan Bupati Tapanuli Selatan (Kolonel Nurdin Nasution), lulusan Akabri 1977 yang tengah menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad). Mayjen AY Nasution adalah alumni SMP Negeri 1 Padang Sidempuan. Lihat: "Mayjen TNI Azmyn Yusri Nasution: Like Father, Like Son"
Irjen Pol Saud Usman Nasution (foto: google)

***
Saya teringat suatu kejadian yang saya alami pada tahun 1977 di belakang rumah kami (ketika itu saya baru kelas satu smp). Saya melihat beberapa orang seragam militer dibalik pohon manggis dengan senjata laras panjang. Ketika saya mendekat, para tentara itu meminta saya menjauh. Lantas saya ke rumah, dan saya tanyakan ayah saya: “Ada banyak tentara di kebun dekat pohon manggis, ada apa yah?, juga tadi saya lihat polisi berjaga-jaga di depan rumah berwarna biru yang dibelakang rumahnya banyak pohon kelapa”. Ayah saya menjawab: “Itu adalah pasukan dan polisi yang mengawal Jenderal Abdul Haris Nasution. Jenderal Nasution sedang berkunjung ke rumah udanya (paman)”. Jenderal (Besar) Abdul Haris Nasution adalah salah satu tokoh yang berpengaruhi di Tapanuli Bagian Selatan (lihat: "Dicari! Presiden dari Tapanuli Bagian Selatan").


*Nama Saud Usman Nasution sudah disebut di dalam artikel: "Kolonel Inf. Syamsul Rizal Harahap dan Kombers Pol Drs Marsauli Siregar"

Tidak ada komentar: