*Kronologi
berdasarkan berita dalam surat kabar tempo doeloe
Adanya
pemerintahan sipil di Sipirok, telah membuka ruang untuk berkembangnya
pendidikan negeri bagi penduduk. Pendidikan adalah instrument penting bagi
pemerintah Hindia Belanda untuk mendukung tujuan yang diinginkannya. Melalui
pendidikan, produktivitas penduduk setiap wilayah akan meningkat. Penduduk yang
lebih berpendidikan, akan lebih sehat, lebih tangguh dan memungkinkan ekonomi
dan perdagangan lebih meningkat. Manfaat ekonomi yang meningkat akan lebih
mampu membiayai, dan manfaat perdagangan komersial yang meningkat akan membuat
untung lebih besar bagi pemerintah. Inilah insentif mengapa pemerintahan sipil
dibentuk dan pendidikan diintroduksi.
Seni di suatu tempat, di Sipirok 1895 (KITLV) |
Pendidikan
ala madrasah berawal dari masjid. Di Sipirok terminologi lokal untuk mesjid
disebut mandersa. Dengan demikian, sebelum madrasah memisahkan diri dari
mesjid, pendidikan non formal bagi kalangan Islam dilakukan di masjid atau
mandersa.Ini mengindikasikan bahwa penyiaran agama relatif bersamaan waktunya
dengan pendidikan. Di kalangan misionaris, awalnya pendirian sekolah untuk
mencerdasakan anak pribumi secara umum lalu bergeser sebagai sumber guru dalam
penyebaran agama.
G.
van Asselt yang memulai misi pertama kali di wilayah Sipirok 1958 akhirnya
merasa perlu untuk mendirikan sejenis sekolah zending di Parau Sorat
(1863).Guru di sekolah zending ini adalah Nommensen yang datang setelah van
Asselt. Beberapa anak-anak Sipirok melanjutkan sekolah guru ke Tanobato.
Sehubungan dengan pendirian sekolah pribumi Inlansch sekolah negeri School
didirikan 1873 di Sipirok dan Bunga Bondar—guru-guru sekolah negeri ini
merupakan alumni dari KS Tanobato. Kemudian pemerintah menempatkan seorang
penilik sekolah orang Belanda di Sipirok. Selanjutnya sekolah negeri diperluas
ke Prau Sorat dan sekolah negeri yang berada di Sipirok ditingkatkan
kapasitasnya. Kepala sekolahnya adalah Sutan Martua Radja, seorang alumni KS
Padang Sidempoean, yang sebelumnya pernah menjadi guru di Pargarutan. Di
kemudian hari, Sutan Martua Raja dikenal sebagai ayah dari Kol. Ir. Mangaraja
Onggang Parlindungan, penulis buku ‘Tuanku Rao’.
***
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 07-12-1889 Ini
berbicara selama lebih dari tiga puluh tahun menjadi ayah diberkati saya, yang
untuk perluasan Kerajaan Allah sepenuhnya tinggal dan bekerja, menimbulkan
sudah beberapa kali untuk menulis mendorong saya dan akan melakukannya hari
ini, saya suka kami sikola tinggi (SMA) atau seminar akan mengatakan sesuatu.
Dalam Januri 1885, kembali enam puluh pemuda disertakan, sebagian dari Sipirok,
Pangaloan, Balige dan Sibolga, sebagian Silindung. Yang datang pada tahun 1886,
sepuluh Sipahutar yang dibawa misionaris ….Dr. R.v.A.
Java-bode: nieuws, handels-en advertentieblad voor
Nederlandsch-Indie,
18-12-1889 Rappat di Padang Sidempoenan dan rapatts di Sipirok (tapanuli) yang
dipimpin petugas (panitera rapat) menjadi yang pertama di controller Angkola,
yang kedua dengan itu di Sipirok.
Bataviaasch
nieuwsblad, 23-12-1889 Usulan pengangkatan seorang PNS yang diperbantukan akan
bertanggung jawab untuk jabatan petugas di rapats Padang Sidempoean dan Sipirok
di residensi Tapanoeli.
Bataviaasch
nieuwsblad, 10-01-1890 Dipindahkan dari sekolah pribumi (inlandsche school) di
Padang Sidempoean (pantai barat Sumatera) guru Elias gelar Soetan Goding Moeda
ke Sipirok dan guru sekolah pribumi Sipirok Ridolin gelar Soetan Mongantar ke
Padang Sidempoean’.
Kesehatan: De locomotief : Samarangsch handels-
en advertentie-blad, 11-02-1890 pada bulan Desember lalu. Status kesehatan
secara umum memuaskan, kecuali itu di afdeelingea Si Pirok dan Padang-La
(Residentie Tapanoeli) di mana beberapa kasus penyakit perut terjadi’.
Rapat adalah
suatu dewan peradilan yang dibentuk pemerintah Hindia Belanda untuk menjalankan
fungsi kehakiman. Perangkat-perangkat dalam rapat ini adalah kepala rapat,
wakil rapat dari pribumi, penulis (panitera) dan anggota. Para anggota rapat
ini adalah kepala-kepala pemerintah pribumi. Kepala rapat adalah Controleur
pada tingkat onderafdeeling’.
Java-bode: nieuws, handels-en advertentieblad voor
Nederlandsch-Indie,
27-01-1890: ‘Pengawas jalan di Batangtoru, J. Stins, juga difungsikan dan
diangkat sebagai petugas (panitera) di Rapat di di Padang Sidempoean dan di Si
Pirok)’.
Bencana alam: De Oostpost: letterkundig,
wetenschappelijk en commercieel nieuws- en advertentieblad, 18-03-1861
"gempa besar. Dari Siboga wast mengumumkan bahwa 16 Februari opZaturdag
lalu. Evening at 07:00 ada gempa bumi yang hebat dirasakan, yang memakan waktu
sekitar empat menit. pagi 20 Februari-didominasi
diulang sampai Rabu, menjadi semakin keras dan tusschenpozingen lebih besar,
kadang-kadang sedikit bergelombang sekali lagi dengan menyodorkan horizontal.. Juga
ada dan Ankola dan Sipirok diulang kejutan hari berikutnya. Untuk Sipirok satu
rumah pengawas pemerintah runtuh tidak layak huni, dan dan bangunan rumah
lainnya juga mengalami banyak rusak.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 23-08-1890. Dengan penarikan peraturan yang ada yang relevan,
menetapkan bahwa transportasi surat ke SW h. akan gescbieken a! s berikut: (a) Padang en
Fort de Kock, (b) Fort de Kock en Sibolga…(l) Padang Sidempoean en Sipirok over
Pargaroetan, (m) Pargaroetan en Padang Lawas’.
De standard, 26-09-1890: ‘Laporan Colonial on
kemajuan Mohammedanism di beberapa wilayah Hindia. Terutama di bagian beragama
Islam Residenti Tapanoelie memerintah mengangkat kehidupan beragama, tampaknya
dengan penciptaan baru dan kadang-kadang gratis standar ibadah dari
meningkatnya jumlah mualaf antara bangsa-bangsa di Sipijang dan Padang Lawas…dua
jamaah haji ke sana datang Mahomedaanschen ulama Sipirok. Pagan dan Kristen
saling bertoleransi sangat baik….Laporan Colonial pada karya Dr Snouck untuk
melakukan pengaturan Islam di Nederlandsch Indie, yang dikaitkan sesuai dengan
laporan sebelumnya, layanan sementara memberikan hasil yang signifikan..’.
Java-bode: nieuws, handels-en advertentieblad voor
Nederlandsch-Indie,
17-12-1890: ‘de ordonnantie van 17 December 1875 (Staatsblad no. 288) The
ibukota provinsi di Hindia Belanda, termasuk Fort de Kock dan Padang-Sidempoean
didirikan cakupan larangan rumah baru didirikan atau bangunan dengan daun
kelapa atau cahaya lainnya bahan yang mudah terbakar di wy'ken untuk wyzen oleh
Kepala direksi gewestelyk atau lingkungan oleh peraturan. Peraturan ini juga
berlaku termasuk untuk ibukota Solok, Pajakombo, Fort van der Capellen, …Juga
di Kota Nopan, Penjaboengan, Tanah Batu dan Sipirok, semua terletak di
departemen Mandling dan Angkola) tinggal Tapanoeli)’.
Bataviaasch nieuwsblad, 10-02-1891:
‘F. Strötker dari Rijnsche Zendeling-genootschap te Barmen menyampaikan
permintaan kepada pemerintah untuk kewenangan guna melaksanakan pelayanannya di
Simangoemban, Onderafdeeling Si Pirok, Tapanoelie’.
Sumatra-courant : nieuws- en advertentieblad, 07-03-1891: ‘Diberhentikan
dengan hormat atas permintaan nit yang terkait, mantrie budaya kl-3
di S W K, Si Bangoen dan ditunjuk di tempatnya Si Daoeng Gelar Sutan
Baginda yang sekarang sebagai Schryver di Controleur Sipirok’.
Bataviaasch nieuwsblad, 14-03-1891: ‘Dalam
pengawasan
veterirair di rosidentie Padangache Dataran tinggi, yang ondsrifd
Riu, L.-Eboa-Sikaping dan OphirJiatricteu (kediaman Padang Benelonlaodeii)
zoomode di bagian bawah. Kecil Mandheling, Oeloo lain Pekanten, Grnot
Mandheling dan Batang Natal, Angkola Sipirok lain (residence Tapanooli) bekerja di Fort de Kock, dokter hewan
yang ditunjuk untuk layanan
sipil tersebut, J. R. F. Da Does’.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 29-07-1891:
‘untuk urusan pekerjaan umum resmi telah ditunjuk P. De Schrijver Padang Sidempoean,
Untuk Sipirok adalah I.P. Van Roosmalen’.
Bataviaasch nieuwsblad, 29-07-1891:
‘Diangkat pengawas jalan di Tjoebadak, J. Stins, saat ini di bertugas di
Residen Tapanoeli sebagai kepala Panitera di Padang Sidempoean dan Sipirok’.
Sumatra-courant : nieuws- en advertentieblad, 02-10-1891
(sebuah risalah, perbandingan misi di Silindung dan Sipirok oleh gurun zending,
L. Harnstein): ‘ketika saya datang pertama kali dari Sibolga ke lembah
Silindung, saya terkesan hamparan sawah yang luas apalagi saat tiba panen.
Kampong-kampung di tengah persawahan yang dipagari dengan bamboo, bagaikan
tampak sebagai pulau-pulau dilautan kuning. Bagaimana dengan di Sipirok? Kesan
pertama saya di Pangaloan dan Simangumbang, rumah-rumah kecil, pada hari berikutnya
saya ke Boeloe Pajoeng, orang tidak menemukan gereja lagi, tapi masjid.
Sementara di luar Anturmangan dengan 100 penduduk, ada masjid. Di Pansoer Pago
dan Pagaran Djoeloe dengan penduduk 675 terdapat masjid. Demikian juga di
Salangge dengan 125 penduduk terdapat masjid. Tidak ada sekolah tunggal.
Sekolah menjadi pusat pengikut mohamedansche. Berlawanan dengan rumah kepala
kuria yang luas. Lantas apakah di Kristen? Oh, tidak! Malahan musuh Kristen ,
karena saudaranya kepala masjid. Tapi kami tetap focus ke sana, karena
sebelumnya menara kami, meski tantangan dengan hasil hanya kecil. Meski mulai
layu, masih ada yang menghibur, bahwa masih ada firman tuhan di sana dalam
kelompok kecil. Ada perbedaan utama antara Sipirok, Bunga Bondar dengan
Silindung, Toba. Kita harus sebenarnya hanya dapat dilakukan dengan orang-orang
kafir di Toba Silindoeng yang cukup baik tanpa pandang bulu bahwa agama mereka
(pagan) tidak lagi mampu mengimbangi, dan di Angkola dengan warga Mohamaden
yang bertaruh agama Kristen sebagai suatu hal yang usang, agama digantikan
dengan yang baru, maka yang lain akan mengejek dan meludahkan, yang mana
seorang pria masih menyeberang kepercayaan. Di seluruh Silindoeng dan Toba
semua kepala adalah orang Kristen kecuali beberapa, berdiri di bawah Pemerintah,
di Sipirok disebut tiga Koeriahoofden yakin semua kepala desa itu adalah Muhamedanen
tangguh yang hanya menunggu waktu yang tepat untuk membasmi cabang Kekristenan keluar. Di Silindoeitg orang mulai sudah menjadi malu
bahwa kita masih kafir; di sini (Sipirok) adalah rasa malu jika seorang
Kristen, manusia haram. Ketika datang untuk mengakhiri sebuah wawancara saya
dengan penduduk mendapat kesan dari mereka: ‘aku akan terus memikirkannya’, dan
‘kita mengikuti kepala (pimpinan) kita’.
Bataviaasch handelsblad, 25-11-1891: ‘Empat belas
tahun yang lalu menelepon saya tugas resmi saya untuk Sipirok yang indah dan
indah, pada jarak dua puluh tiang dari Padang-Sidempoean, * daripada tempat
utama Tapanoli..’.
Bencana alam.Java-bode: nieuws, handels-en
advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 02-12-1891: ‘di Kota Nopan, Si Pirok
dan Penjaboengan (Keresidenan Tapanoeli)telah terjadi gempa bumi pada tanggal
25dan 30bulan Novemberyang masing-masing 16EUke arah selatan dan ke utara.
Gempa bumi yang terjadi tergolong durasi yang sangat singkat’.
Sumatra-courant : nieuws- en advertentieblad, 14-12-1891:
‘tata cara baru yang menjadi kepala Rapat sebagimana dalam Ordonansi No. 239
tahun 1879 yang diperbarui dengan peraturan gubernur No. 946 (Staatsblad, 187)
bahwa untuk onderafdeeling Ankola adalah Controleur di Padang Sidempoean, dan
untuk onderafdeeling Sipirik adalah Controleur di Sipirok’.
De locomotief: Samarangsch handels-en
advertentie-blad,
23-12-1891 (iklan): ‘Ibadah Protestan--Koleksi yang luar biasa untuk sebuah
gereja baru untuk kepentingan Kristen Batakgemeente di Sipirok, 26 Desember
NATAL HARI 2 pagi pukul 9. Presentasi hadiah Natal kepada yang membutuhkan
pidato menteri. (dalam Koran ini juga)
Protestantsche konsistori meminta
kita untuk memberikan yang akan dikumpulkan (bag 3) untuk sebuah gereja baru
untuk kepentingan Christelijke Batak di kota Sipirok yang terdiri dari 80
keluarga di hari besar dengan pengorbanan diri, kecuali mengangkat karya cinta
yang diperlukan sebesar f 400 dibawa bersama-sama dan sekarang berbalik
kotamadya Proteslantscha di Ned. Indie untuk membawa bersama-sama. Masih
benoodigde f 800 Dewan Gereja merekomendasikan koleksi ini’.
Bencana alam: De locomotief: Samarangsch handels-en
advertentie-blad, 15-03-1892: ‘Sumalra'Gourant menulis bahwa 23 Januari di
Padang-Sidempoean, Sipirok dan Penjaboegen guncangan gempa yang berlangsung
dari Utara ke Selatan’.
Bataviaasch
nieuwsblad, 12-04-1892: ‘..’
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 27-04-1892: ‘Diangkat
Si Hadja gelar Cornelis menjadi vaksinator di Sipirok’.
Bencana alam: Java-bode: nieuws, handels-en
advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 19-05-1892 (gempa besar): ‘Telegram.
Padang 19 Mei 01:10 sore. Dari waktu ke waktu dirasakan sedikit terguncang
gempa. Padang Sidempoean dua barak kayu dihuni tentara tiga luka ringan.
Sipirok memiliki bangunan dan jalan banyak menderita; jalan dari sana ke Padang
Sidempoean robek di beberapa tempat. Di negara kopi Loeboe-Raija dekat Padang
Sidempoean bangunan kayu bergeser dan jalan rusak parah. Tempat-tempat lain
adalah pesan Geene dari kerusakan datang. Dari letusan gunung berapi adalah
dikenal; gempa dikaitkan dengan gunung berapi Boulbone atau Sarek Berapi’.
Java-bode : nieuws, handels- en advertentieblad voor Nederlandsch-Indie, 25-05-1892
The oontroleurswoning dan rapatzaal ke Sipirok (pembagian nama itu) telah
memperoleh banyak kerusakan’.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 25-05-1892: ‘..’
Sumatra-courant: nieuws-en
advertentieblad, 11-07-1892 (iklan): ‘Di bawah ini, anggota Komisi, dibuat
untuk koleksi kontribusi untuk pembangunan gereja ke Sipirok, bersaksi untuk
ini dalam nama Kristen Paroki asli Sipirok, sekarang dari berbagai gereja, yang
mereka terbiasa, hadiah diterima, menanggung terima kasih yang tulus mereka
sendiri untuk penduduk Padang. yang telah diperoleh. atas uang obyektif tampak
bantuan Sipirok, 28 Juni 1892, pasangan Komisi JA. L. Hanstein. H. M. NAPOTZ.
JOHN’.
Bencana alam: Sumatra-courant: nieuws-en
advertentieblad, 18-07-1892: ‘akibat gempa tanggal 17 Mei, diantaranya terdapat
kerusakan rumah di Great Maudheding 587 rumah, Klein Mandheling 98, Aogkola 189
dan di Sipirok 27’.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 16-09-1892: ‘..sekarang
taruhan bagian selatan Batakzending bahwa pekerjaan akan ada banyak yang hasilnya
kecil. Seseorang harus mengatakan bahwa bahkan sebagai pekerjaan selesa0i. Misionaris
kami menulis dari Sipirok, Hanstein..sepuluh orang untuk ziarah ke Mekka akan
dilakukan dan kemudian Islam dengan isi semangat baru. Misionaris tidak bisa
melakukan selain berdoa terhadap rencana ini dan kasus tersebut. Drum besar
masjid; sekarang akan pasti sepuluh jamaah haji untuk melakukan perjalanan.
Tapi apa besar-besaran itu? Ada tembakan meriam. Tidak diragukan lagi. Pilar
utama dari Islam di Sipirok. Ada kesan pada seluruh penduduk ziarah ke Mekkah
ada harapan bahwa pangeran muda yang kini untuk memenuhi tempat kosong akan
menegakkan. Ini mungkin bagi prospek Kristen taruhan di wilayah ini semakin
sulit’.
Putra Daerah
Lulus Kweekschool Padang Sidempoean
Pendidikan
negeri di Sipirok makin meningkat. Salah satu siswa sekolah dasar yang
terbilang berbakat di Sipirok adalah Sutan Martua Raja lahir 1877, anak Thomas Siregar, seorang guru di Sipirok
tamatan sekolah zending. Sutan Martua Raja lahir masuk SD 1884 dan lulus 1889
serta masuk Kweekschool Psp dan lulus 1893.
Kemudian ia menjadi guru bantu di Pargarutan 1893-1899. Salah satu muridnya adalah
Parada Harahap.Ketika sekolah negeri sipirok selsai direnovasi dengan kapasitas
201 siswa 1899, Soetan Martua Radja menjadi kepala sekolah hingga 1914.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 15-02-1893:
‘di Onderafdeeling Si Pirok (Residen Tapanoeli) ditempatkan Controleur kelas
dua, R.H.V. De Lannoy’.
Bataviaasch nieuwsblad, 17-06-1893: ‘dari
tanggal 21 hingga 24 Maret 1893 di sekolah guru Kweekschool Padang Sidempoean
dilakukan ujian. Dari tujuh kandidat, semuanya lulus ujian. Mereka yang lulus
ini (diantaranya) adalah Si Loehoet galar Raja Enda Boemi dari Baringin, Si Julius galar Soetan Martoewa Radja dari
Si Pirok, Si Raja Dangijang galar Regar Indo Mora dari Sijala Goendi dan Si
Tirem galar Dja Ali Saman dari Si Pirok’.
Siapa itu Sutan
Martua Raja. Dia adalah anak dari Thomas Siregar alias Mangaraja Na Poso alias Muhammad Yunus. Pada bagian kedua,
Thomas diperbantukan pemerintah sebagai guru untuk di Sipirok. Thomas adalah
murid pertama (186?) sekolah zending pertama di Sipirok yang didirikan oleh G.
van Asselt (1858) yang gurunya adalah Nommensen (186?). Ini berarti Thomas
adalah produk sekolah zending (186?) dan anaknya, Sutan Martua Raja adalah
produk sekolah pemerintah (kweekschool) pada tahun 1893. Keduanya adalah yang
pertama untuk penduduk Sipirok (like father, like son).
Tilburgsche courant, 01-11-1893:
‘DI Onderafdeeling Sipirok sejumlah orang bertobat menjadi Kristen di empat
gereja baru yang didirikan. Sementara itu juga pergi sejumlah orang Kristen
Sipiroksche beralih ke agama Islam’.
Java-bode: nieuws, handels-en advertentieblad voor
Nederlandsch-Indie,
02-11-1893: Di Governement Sumatra’s Westkus dilakukan dinas sipil dimana dari
Onderafdeeling Sipirok Controleur RHV Lannoij ke Onderafdeeling Kelein
Mandheling, Oeloe, Pakanten. , inspektur dari kelas-2 dari RHV
Lannoij, Onderafdeeling Baros, P. Merkus ke Sipirok’.
Algemeen Handelsblad, 26-01-1894:
‘J.R. Stuurman, controleur Sipirok, Tapanoeli berakhir masa jabatannya’.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 25-06-1894: ‘di dalam buku
‘Handleiding voor de vergelijkende volkenkunde van Nederlundsch-lndië’ karya Professor
dr. G. A. Wilken terdapat uraian penggunaan ‘bange’ semacam tanah liat yang
dapat dimakan juga ditemukan di onderafdeeling Sipirok. Bange ini hanya di
tempat tertentu seperti lereng gunung, sungai atau dataran yang kurang subur,
sedikit vegetasi dan ilalang. Bange ini dapat dibedakan dengan tanah, dalam hal
warna, kadar air, rasanya aneh dan cenderung harum. Masyarakat menjadikannya
semacam biskuit kecil yang ditambahkan garam dan bentuknya dibulatkan. Bange
sangat bermanfaat dalam situasi paceklik atau dalam kondisi perang. Juga
dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil. Dalam porsi kecil dapat memperlancar pencernaan,
tetapi jika banyak dapat menyebabkan sembelit. Juga digunakan penduduk sebagai
bahan pengobatan: direndam, dicampur dengan kunyit, garam, namun bagimana
khasiatnya belum terjelaskan…’
Java-bode: nieuws, handels-en advertentieblad voor
Nederlandsch-Indie,
21-11-1894: ‘tata cara penempatan anggota yang memiliki kursi di Rapat di
Sipirok: koeriahoof dari Sipirok, dari Bringin dan dari Prau Sorat, serta kamponghoofd
Si Mangambat dan Pagaran Joeloe (koeria Sipirok) dari Boenga Bondar (koeria Baringin)
dan Si Magoendi (koeria Prau Sorat)’.
De locomotief : Samarangsch handels- en
advertentie-blad,
09-02-1895 (temtang budidaya kuda, kutipan dari karya J.P Veths): ‘tanda-tanda
khusus kuda:..meskipun sebagian besar penulis dari Batak, termasuk penjelasan
rinci Junghuhn, begitu akurat, deskripsi Neuwmann tentang Pane dan Bila, apakah
ada juga dalam kata-kata sederhana yang juga mencatat tanda-tanda baik dan
buruk tentang kuda. Mereka terletak di dahi ke leher, ke billtn dan payudara.
Dengan satu keganjilan yang saya ambil dari risalah Wilken pengorbanan rambut
ditemukan, saya ingin menyimpulkan bab ini dalam hal ini, bahwa ia adalah sifat
dewasa, bahwa dada memiliki dua rambut panjang. Di daerah Batak selama Wilken berada
Sipirok menemukan keganjilan ini,
katanya, kuda di mata orang Batak adalah martoea, dengan kekuatan mistis
dilindungi dari bahaya’.
Sumatra-courant: nieuws- en advertentieblad, 04-03-1895
(tentang Batak): ‘….di Silindoeng dan Sipirok di mana hari pasar juga daging
babi untuk dijual…’.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 20-05-1895 dan
bersambung dalam edisi Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 24-05-1895 (‘Eksplorasi
Batak: Sebuah kontribusi terhadap sejarah penemuan Danau Toba, 1772-1872’,
sebuah esai oleh dr. J.H. Meerwaldt): ‘Padri di Batak 1825,..ekspedisi Junghuhn
1840 kemudian oleh van der Tuuk. Junghuhn diikuti oleh Oscar von Kessel, 1844 di
Tobing dekat Si Pirok. Di lembah Batang Toru, hampir tak berpenghuni, Karena
ada alasan perang kampong di Silindung, Kessel kembali ke Tobing, mengikuti
navigasi Aek Batang Toru lalu ke Singkuang. Sebelumnya pada tahun 1818 …memutuskan
untuk mengirim delegasi untuk belajar bahasa Batak. Pada tahun 1849 dipilih mahasiswa
Groningen, bernama van der Tuuk, namun gagal (karena orang Batak tidak percaya
asing). Van der Tuuk mendapat saran dari Asisten Residen Willer. Pada tahun
1852 kembali lagi van der Tuuk melalui Siboga, Djaga-Djaga dan ke Loemoet lalu
ke Ankola dekat Panjaboengan. Selanjutnya, van der Tuuk bersama Controluer
Hammers dari Padang Sidempoean ke Sipirok…ekspedisi berikutnya (independen) Nona
Ida Pfeiffer sampai ke Silindung (dan singgah di Sipirok)…Pemandu saya pasang
badan dan menjelaskan kepada penduduk Silindung. Jadi mereka berpikir saya
mendukung penuh--bahwa aku bukanlah mewakili seorang Belanda tapi juga tidak
juga bagaikan Si Pokki-seperti disebut melakukan kekerasan atas Toba. Bagi saya
sebelum Raja Lumbung (Lumban Tobing?)—disebut pangeran untuk wilayah itu,
mereka mengatakan bahwa Hollander, dan juga setelah Si Pokki, Batakschen Raosche gugur. Nama ‘pokki’ tidak
diragukan lagi berasal dari gelar Fakih, menurut pernyataan bahwa ‘pokih’ di
Toba, membaca yang tidak mengerti dan melembabkan menjadi Si Pokki’.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 24-05-1895
(esai berjudul ‘De Ongeregeldheden in
Toba, Aan Wie De Schuld?’ oleh dr. J.H. Meerwaldt): ‘intinya perseteruan antara
Controleur Sipirok dan Asisten Residen afdeeling Silindoeng en Toba, Mr.
Welsink (mewakili pemerintahan Hindia Belanda) di satu pihak dengan para
misionaris (orang-orang Jerman) di pihak lain’.
Sumatra-courant: nieuws-en advertentieblad, 23-09-1895
(zending ke Padang Bolak oleh S): ‘lama saya berdoa selama beristirahat, dan
setelah itu aku hanya punya ide ekstrim, bertaruh ke timur, di Padang Bolak…aku
lagi melakukan perjalanan ke batas sisi Sipirok… melalui Sihulabu, Sipiongot’.
De locomotief: Samarangsch handels-en advertentie-blad, 22-10-1895: ‘Apa
yang khusus di Residentie Tapanoli, tampak berikut ini: Ddi Padarg Lawas ada
penyebaran rumor itu perintah datang dari Mekah via Aceh bahwa penduduk harus
berlatih. Dalam "mantjak" (pagar atau tari pedang) Dari Angkola
dan Mandheling dan terutama Sipirok itu datang beberapa orang terampil untuk daerah
tersebut untuk mengajar seni mereka kepada orang-orang muda, namun itu tidak
lama sebelum datang ke bentrokan antara master dan dadu dan perkelahian partai besar
untuk Poerba RII Nomba The komplotan dihukum dan dengan demikian mengakhiri gerakan’.
Java-bode: nieuws, handels-en advertentieblad voor
Nederlandsch-Indie,
21-11-1895: ‘permintaan kepada otoritas Sipirok, zendelingleeraar W. Gericke diizinkan
untuk melakukan tugas’.
Catatan:
- Sumber utama (dalam tanda kutip) merupakan sari berita yang relevan dengan artikel ini. Sumber lain (ditulis anonim) hanya sebagai informasi pendukung agar konteks ‘berita’ sesuai.
- Isi artikel ini dibuat seorisinil mungkin, hanya berdasarkan informasi (surat kabar) yang tersedia. Kemungkinan adanya ‘bolong-bolong’ di sana sini, silahkan para pengguna (pembaca) melengkapi dan menginterpretasi sendiri.
(bersambung)
Bag-6:
Sejarah Sipirok: Putra Daerah Merantau ke Doli dan Batavia, Mereka Tidak Kembali
*Dikompilasi
oleh Akhir Matua Harahap berdasarkan
sumber tempo doeloe.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar