23/07/13

Bioskop Angkola (Horas) di Padang Sidempuan ‘Tempo Doeloe’

Foto-1. Bioskop Angkola/Angkola Theater 1936-1939 (Foto: KITLV.NL)
Bioskop Angkola atau Angkola Theater  adalah sebuah bioskop di Padang Sidempuan yang sudah ada sejak era Belanda. Foto-1 memperlihatkan tampilan Bioskop Angkola sekitar tahun 1936-1939. Halaman bioskop ini masih bersih an rapih dengan latar belakang perumahan elit-elit Belanda (Foto-1a).


Foto-1a. Tampilan halaman/depan Bioskop Angkola
Foto-1b. Tampilan depan Bioskop Angkola





Foto-2. Bioskop Angkola atau Bioskop Horas Tahun 1960-an


Bioskop Angkola ini dikemudian hari berganti nama menjadi bioskop Horas, Bioskop ini beralamat di Jalan Gatot Subroto, jalan yang menghubungkan Pusat Pasar dengan Gedung Nasional. Tampilan Bioskop Angkola ini pada tahun 1960-an sudah sangat terkesan kumuh (Foto-2).




Foto-3. Bioskop Presiden (Foto: internet)

Pada tahun 1970-an dibangun sebuah bioskop di Kampung Teleng dengan nama Bioskop Tapanuli atau juga disebut Bioskop Rajawali. Pada awal tahun 1980 sebuah biskop dibangun lagi yang terletak di samping Bioskop Horas, Bioskop ini diberi nama Bioskop Presiden (Foto-3).






Semua bioskop yang ditampilkan di atas kini tidak beraktivitas lagi. Nasib serupa juga dialami bioskop-bioskop sejnis di kota-kota lain, seperti Jakarta. Hanya saja di kota-kota besar perannya digantikan oleh sinema  yang  masuk asosiasi XX1 (Dikompilasi oleh Akhir Matua Harahap)

Tidak ada komentar: